Thursday, September 01, 2005

Tengkiu, Allah.

Alhamdulillaaah........ iklan gue masuk finalis. Dua duanya pula. seneng banget...!!!! paling enggak hasil jerih payah gue membawa hasil buat gue dan tempat gue kerja.

Pengen berbagi cerita aaaahhhh.......

Dari sini, gue banyak belajar lho... soalnya pertama kali present ke CD dan ECD gue sempet dibilang bukan sebuah iklan PSA. Mereka ngeliat seperti rubrik foto yang ada di majalah terus dikasih tulisan. debat dan debat cukup panjang mempertahankan keyakinan.

Tapi asyiknya, sebagian temen-temen gue ngeliatnya itu adalah sebuah PSA. Kontras banget ya.... Ada yang bilang iya, ada yang bilang enggak. Malah sempet ada pernyataan, itu bikin orang Jakarta bangga, dooongg...? Gue balik nanya, Banggaaa...? apa emang betul begitu kenyataannya...????

sekali gagal, beberapa hari kemudian gue balik lagi masih dengan iklan yang sama. gue tambahin dengan body copy "peraturan dibuat bukan untuk menyusahkan". Baru deh ECD gue setuju dan memenuhi syarat untuk dibilang sebuah PSA.

Waaaahhhh......... usaha gue berhasil. Tinggal bagaimana mengeksekusinya. Harus cari foto yang riiieeelllll.......... banget! sempet bingung juga cari foto sama siapa? sementara wartawan foto terkenal sama filing yang jelek banget. cari sana-sini. telpon sana-sini. diskusi sana-sini. Katanya bisa disiasati dengan di create.

Gue ngerayu temen-temen gue yang suka motret. Tapi sayang, karena mereka orang sibuk juga, tanggapannya jadi lama banget. Akhirnya gue inget sama temen gue, Donal. Dia cerita, dia suka motret. Gue brief, gue minta dia motret sendiri. Hasilnyaaa.......... "BAAAADDDDDDDD......"

Ya udah deh, akhirnya gue ikutan hunting. Gue direct dia untuk bisa motret dengan angle dan hasil yang gue pengenin. Untungnya.. walau hasilnya gak maksimal, mood yang gue pengenin dapet.

Foto udah dapet.... eh... partner gue mulai goyah hatinya. Dia bilang, kenapa harus ada dua bahasa? kan gak boleh.....
Akhirnya gue balik tanya, yang bilang gak boleh siapa..??? dia bilang janggal aja. ya udah, balik lagi deh gue harus menerangkan. "Enggak apa-apa.., itu gak ada masalah.. Banyak kok iklan yang pake dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Malah di cerpen-cerpen sering banget ngelakuin hal yang kayak gitu". Partner gue mulai percaya. Dan gue paksa untuk di lay out. Maybe, dia grogi waktu prisen lay out. Tapi syukur-lah, prisen waktu itu gak ada masalah. Yang dikomentarin cuman typografi.

And than......
sampailah ke seleksi internal. Satu-satu iklan dikomentarin, layak apa enggak di kirim ke Pariwara. Giliran iklan itu deh di komentarin. Hebat, perdebatan muncul lagi. Ada yang bilang itu sih iklan sepatu. Dalam hati gue..."hmmm...... itu sih komentar lama sebelum lo ngomong, dah ada yang ngomong..." Ada juga yang bilang, gue masih yakin kalo iklan itu cuma works buat mengiklankan pesona Jakarta sebagai kota olah raga dan cocok kalo seandainya Jakarta jadi tuan rumah event olah raga. Balik lagi gue komentar dalam hati "man, kalo mengiklankan yang elo maksud, impact-nya justru biasa. orang akan bicara, ooo.... that's it. justru biasa..." tapi ada yang bilang, kalo itu bagus banget.
Iklannya lulus seleksi internal. Dikirim ke Pariwara 2005.

Hari demi hari... gue deg2an. tanya sana-sini iklan yang gue buat bagus gak sih? Tapi kal menurut cewek gue, iklannya bagus. Tiap hari gue diskusi tentang iklan itu. Sampe ada temen gue yang bete, abis gue kurang yakin banget sama pernyataannya. dia bilang; 1. iklan itu entertain. 2. mulai berpikir konsep. itu impact dari iklannya. kata dia begitu.

Kamis, tanggal 1 September, di Kompas tertera, iklan gue masuk finalis. Gila, gue seneng banget. Luntur semua protes dan protes. Mereka mulai bisa ngeliat apa yang gue liat. bisa ngerasain apa yang gue rasain.

Friends... yang baca tulisan ini...
Gue tulis ini untuk berbagi pengalaman.

No comments: