Wednesday, December 07, 2005

Kita Sama-sama Punya Panggung

Udah lama gak maen, kemaren, jum'at 2 desember 05, gue iseng nonton acara Panasonic Award sama cewek gue. Tadinya sih gue cuma kepengenan nonton live show artis-artis yang ngisi acara aja. lumayan ngetop lah artisnya. Ada Ari Lasso, Agnes Monica, Radja, Liza Nathalia. Soalnya, malem sebelumnya, pas pulang kantor gue gak sengaja nonton live music Class Mild Accoustic, Rio Febrian artisnya. Hmmm..... asyik juga walau cuma 2 lagu gue tonton. Seru laaa... mengingatkan gue ke masa-masa waktu gue doyan banget nonton live music. De ja vu. Jadinya, gue kepikiran pengen sekali-kali nonton acara itu, Panasonic Award.

Satu demi satu acara live music gue tonton. Agnes, performance-nya gak bagus. Membosankan. Dari kemaren dan hari itu yang ditampilin cuma tarian yang menurut gue berantakan. Kayaknya dia perlu koreografer yang lebih jago deh.. hehehehe.. belagu ye gue.

Ari Lasso, oke banget. Koreografer dan performance-nya bagus. Menyenangkan mata dan perasaan. Liza Nathalia, lumayan lah. Radja, ANCUR. Norak abis dan kampungan abis.

Satu demi satu pengumuman yang terbaik untuk semua acara televisi gue tonton. Sampe deh ke pengumuman untuk sinetron terbaik. Bagian acara yang kayaknya paling ditungguin dan jadi favorit. Sinetron Bawang Merah Bawang Putih bersaing sama sinetron-sinetron serem yang belakangnya pake nama embel-embel Ilahi. Gila tuh yang buat, nama Tuhan dijadiin komoditi.
Pas diumumin, yang menang Bawang Merah Bawang Putih. Semua artis pendukung sinetron yang ada di situ pada lompat-lompat kegirangan. pelukan. cium pipi kiri kanan. Pokoknya segala kesenangan tumpah ruah di situ.

tau-tau aja gue langsung kepikiran, kenapa mereka seneng banget yaaa...? Padahal sinetronnya jelek. jahat gue. gue menilai, padahal gue belum pernah nonton sinetronnya. Terus tau-tau aja lagi, gue langsung kepikir, mungkin perasaan mereka juga akan bilang sama waktu mereka nonton Citra Pariwara. "Iklan jelek kok bisa menang? Ada-ada aja, iklan kok dilombain. Siapa sih yang demen nonton iklan..?" mungkin kata-kata itu yang keluar.

kepikir lagi ma gue, bikin sinetron pasti susah. setiap hari harus bikin cerita. setiap hari harus bisa mengubah cerita. setiap hari harus punya ide. Mereka orang sinetron. Mereka mencari cerita supaya bisa diterima. Gue orang iklan. setiap hari gue harus cari ide. Bedanya, gue gak bisa bikin iklan kalo gue gak tau kehebatan produk. Berarti orang iklan kalah hebat sama orang sinetron.

Tapi kenapa dunia sinetron selalu di hina? Abis, ceritanya selalu dilebih-lebihin. menjual mimpi.
Dunia iklan selalu dihina juga bukan? iklan itu jelek. terlalu berlebihan. Padahal, bikin sinetron dan iklan capek banget. pontang-panting.

Alhamdulillah, akhirnya pikiran gue mampu menyimpulkan apa yang gue saksikan.
Kita sama-sama kerja dengan ide. Kita sama-sama mencari ide. Yang membedakan cuma satu, dunianya. Panggungnya. Dunia Mereka, Dunia Sinetron. Panggung Mereka, Panasonic Award. Dunia Gue, Dunia Iklan. Panggung Gue, Citra Pariwara. Kalo gitu, kita beda panggung. Tapi kita tetanggaan, soalnya kita kerja ngandelin ide. Karena tetanggaan, jadi kita harus menghormati. menghormati dan menghargai jerih payah masing-masing.

Bravo. Gue tepuk tangan. Seneng ngeliat kegembiraan mereka. Sekarang gue bisa menikmati kegembiraan kalian. Hebat. Besok-besok bikin yang lebih bagus yaa...

4 comments:

Nia said...

mungkin lebih gampang buat kita untuk mencerca daripada mencipta ya Boy..

ahh...jadi pengen bikin skenario sitkom yang bagus..biar ada sitkom Indonesia yang bagus selain Bajaj Bajuri. Kalo Singapura bisa punya Phua Chu Kang..kenapa kita engga, ya kan?

eh..eh..dateng dong ke blog gue, jangan lupa kasi komen..okeh?!

dahlia said...

dah lama ya...apdatenya?!!

tadi gw toh ke baca
"kit sama sama punya PANGGUL"

wakakakak

Nia said...

apdeeeeeeeeeeeeeeettttttttttttttttt woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii...

btw..jago loe boy :))

Ivan Jenggot said...

emang neh boy, jago banget dah kalo bikin tulisan.

banyak belajar ma lo neh boy...:)